Ikan Cupang Spesies Betta Hendra

Share:
Ikan Cupang Alam Spesies Betta Hendra
Betta Hendra Jantan (Male)
Saya akan memperkenalkan spesies ikan cupang alam atau wild betta kesukaan saya, yang membuat saya tercengang akan ikan ini adalah terdapat warna merah berbentuk vertikal pada bagian penutup ingsannya. Satu hal lagi yang membuat saya bangga adalah ikan ini hanya ada di Indonesia, dan penemunya adalah orang Indonesia pula.

Hendra berasal dari nama Hendra Tommy (Kurnia Aquarium, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Borneo). Dimana Ia adalah orang yang menemukan dan mengexplore spesies cupang ini.

Betta Hendra ditemuka di Taman Nasional Sebangau, dikenal sebagai hutan rawa gambut, dan sejauh ini hanya ditemukan di negara kita. Rumah bagi Orang Utan terbesar di Dunia. Yang sekarang kita tahu bahwa Orang Utan baik di kalimantan atau sumatra sudah terancam punah. Diperkirakan tidak populasinya di alam liar tidak mecapai belasan ribu, itu adalah jumlah yang sangat sedikit sekali. Ditambah dengan lahan hutan dijadikan sebagai pemukiman atau perkebunan, apalagi dengan perkebunan klapa sawit yang bila anda tahu bahwa klapa sawit adalah tanaman yang membuat tanah menjadi tidak subur, karena lahan gambut harus dikeringkan dan itu akan membuat tanah menjadi tanduk dan kekurangan mineral. Ok, kita kembali lagi ke topik.

Yang kita tahu adalah ikan cupang senang mendiami sungai dan rawa yang berwarna hitam, begitu juga dengan rawa gambut Sabangau, memiliki warna hitam dan cokelat gelap, penyebab warna adalah zat humat dan bahan kimia yang dilepaskan oleh bahan organik yang membusuk, seperti daun dan batang pohon. Hidup di kondisi air bertemperatur 22 - 27 Celcius, pH 4.0 - 6.5 dengan kesadahan 18 - 90 ppm.

Memiliki ukurang panjang mencapai 30 - 45 mm.

Akuarium yang disarankan adalah 45 * 30 cm dan dapat lebih besar dari ini.

Perawatan ikan ini sama seperti ikan cupang pada umumnya, namun disarankan agar membuat suasana akuarium senatural mungkin agar ikan dapat hidup dengan senang dan sehat.

Betta Hendra memiliki perilaku memijah Bubble Nest Breed atau meletakan telur dalam sarang busa.
Betta Hendra Female atau Betina
Betta Hendra Betina (Female)

Tidak ada komentar