Tanaman Air Untuk Ikan Cupang

Share:
Tanaman Air Untuk Ikan Cupang
Sebagai penghobi ikan cupang, kita pasti ingin dalam aquarium cupang kita tidak hanya ikan indah ini tetapi ada pelengkap seperti ikan hias jenis lain, atau tanaman air.

Ikan cupang tidak seperti ikan guppy mereka berbedaa, memilih tanaman juga harus sesuai dengan ikan, apakah tanaman itu akan membantu ikan atau malah memperburuk keadaan ikan dan tidak membuat bahagia.

Untuk ikan guppy ada perlu tanaman yang berada dibawah air, tanaman dalam air akan membantu anak-anak guppy untuk bersembunyi, karena ikan guppy adalah million fish, nama ini bukan asal karena ikan guppy sangat gila bereproduksi, satu bulan mungkin akan terdapat puluhan ikan guppy baru. Namun karena orang tua guppy tahu bahwa terbatasnya tempat, mereka akan memakan anak mereka yang baru lahir. Itu alami, dan Anda tidak boleh memisahkan anak guppy dan orang tua guppy karena orang tua guppy akan stress. Oleh karena itu anda perlu tanaman lumayan rindang di dalam air sebagai tempat persembunyian bayi guppy yang baru lahir.

Contoh tanaman air untuk ikan guppy adalah hydrilla (hydrilla verticillata), cocok untuk anak guppy untuk bersembunyi, namun jangan menempatkan tanaman ini di aquarium cupang, karena menurut kabar bahwa tanaman ini menimbulkan lumut yang dapat mengotori aquarium. Dan tanaman ini juga tidak ada fungsinya untuk buaryak cupang, karena burayak akan dilindungi oleh orang tua penjantan ketika orang tua betina ingin memakan burayak atau telur.

Saya akan tidak terlalu membahas tentang ikan guppy karena pengetahuan saya tentang guppy belum terlalu banyak. Lanjut berbagi tentang tanaman air untuk ikan cupang.

Kita harus memilih tanaman air yang bermanfaat untuk ikan cupang dan tidak menyusahkan kita dalam perawatan.

Tanaman yang sangat berguna untuk ikan cupang adalah tanaman air mengapung, terdapat dua tanaman air mengapung yang akan saya bahas.

pertama adalah Enceng Gondok (Eichhornia crassipes) dan kedua adalah Apu-apu (Pistia stratiotes).

Enceng gondok tidak saya sarankan untuk aquarium anda, karena enceng gondok ukurannya terlalu besar sedangkan biasannya aquarium cupang hanya berukuran sedang atau kecil, selain itu enceng gondok memiliki akar yang lebat dan bila anda mengambil dari tempat yang kotor akan sangat susah untuk dibersihkan.

Saya lebih menyarannkan menggunkan tanaman Apu-apu. Ukuran tidak terlalu besar, akar yang tidak terlalu lebat, ditambah lagi memiliki fungsi menyerap logam-logam di air dan menjernihkan air.

Tanaman apu-apu di Indonesia memiliki banyak nama, sepeti Kapu-Kapu, Kiapu, Kayu Apu, Kayu Apung, Ki Apuang.

Fungsi Apu-Apu untuk ikan cupang adalah ketika anda ingin memijahkan ikan cupang, walaupun para breader lebih memilih menggunakan plastik sebagai tempat sarang busa menempel, kita pasti ingin tempat ikan cupang menjadi lebih alami, oleh karena itu gunakan tanaman apu-apu.

Tanaman apu-apu digunakan oleh pejantan cupang sebagai tempat menempel gelembung yang nantinnya diisi dengan telur ikan cupang yang terbuahi.

Tempatkan tanaman Apu-apu pada tempat pemijahan, pastikan tidak menutupi seluruh tempat pemijahan cukup satu atau dua, atau 1 per 3 dari tempat pemijahan.

Penempatan sedikit tanaman apu-apu bertujuan agar permukaan air menjadi tidak terlalu sempit, oksigen dalam air tetap ada untuk cupang dan bila terlalu banyak akan membuat air dalam tempat ikan cupang menjadi cepat habis.

Anda harus memperhatikan jumlah tanaman ini, karena tanaman apu-apu sama seperti enceng gondok dalam jumlah berkembang biak, mereka akan timbul sangat banyak bila Anda tidak memperhatikan pertumbuhan tanaman ini.

Pastikan bersihkan tanaman apu-apu sebelum ditempatkan di aquarium atau tempat pemijahan ikan cupang. Sampai benar-benar bersih pada bagian akar agar tidak ada kotoran dan bibit penyakit.

Apu-apu atau dalam bahasa inggris disebut Water Lettuce. Bila Anda menyimak aquaris luar negeri juga menggunakan tanaman ini sebagai penghias aquarium mereka.

Berikut adalah artikel dari kami, bila ada pertannyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Tidak ada komentar