Ikan Cupang Spesies Betta Smaragdina

Share:
Ikan Cupang Spesies Betta Smaragdina Jantan
Betta Smaragdina Jantan
Ikan ini memiliki nama latin “Smaragdina” yang berarti berwarna zamrud. Selain nama itu betta smaragdina mempunyai berbagai julukan seperti Mekong Fighting Fish, Blue Betta, Emerald Green Betta, dan Smaragd Fighting Fish.

Spesies Betta Smaragdina tersebar di Datran Tinggi Khorat di Thailand Utara dan hidup di perairan sawah, rawa, parit pinggir jalan, kolam, dan sungai. Dan hidup di perairan berarus tenang.

Hidup di alam tropis dengan kadar pH air 5.5 – 7.5, Kesadahan 18  –  179 ppm, dan Suhu antara 22 – 28 Celcius.

Betta Smaragdina mampu memiliki panjang maksimal 6 cm. Dengan kepala berbentuk pendek dan bulat. Memiliki warna biru di bagian tubuh dan sirip di tubuh dari kepada sampai ekor berdominasi hitam untuk jantan.

Spesies ini dialam liar mulai berkurang populasinya karena wilayah yang tercemar polusi dan degradasi habitat.

Ikan Ini Termasuk kedalam jenis ikan cupang aduan dan terkenal akan daya tahan di ring adu (tahan pukul dan bermental kuat).

Karena jenis ikan petarung dan bersifat agresif, tidak dianjurkan untuk menempatkan dua jenis ikan cupang dalam satu aquarium.

Perawatan dan pemberian makan sama dengan yang lain, kami juga memiliki arikel – artikel perawatan ikan cupang. Cara memberi makan, jadwal pemberian makan, kualitas air, dan lain – lain.

Perilaku memijah ikan ini adalah Bubble Nest Breed yaitu menyimpan telur di dalam sarang busa.


Perbedaan antara Betta Smaragdina jantan dan betina sangat terlihat jelas. Untuk jantan memiliki warna tubuh lebih atraktif dan berwarna sedangkan pada betina memiliki warna tubuh cenderung pucat.

Foto diatas adalah betta smaragdina jantan sedangkan betina, Anda dapat melihat nya di bawah.
Ikan Cupang Spesies Betta Smaragdina Betina
Betta Smaragdina Betina

Tidak ada komentar