Ikan Cupang Spesies Betta Macrostoma / Brunei

Share:
Ikan Cupang Spesies Betta Macrostoma atau Cupang Brunei Jantan
Betta Macrostoma / Cupang Brunei Jantan
Cupang Brunei atau Betta Macrostoma adalah spesies cupang yang dilindungi di negaranya yaitu brunei dan oleh sultan brunei. Dan itu adalah hal yang wajar mengingat sekarang ada banyak sekali spesies ikan cupang dengan populasi sedikit dan cupang ini masuk dalam IUCN Red List. Bila Anda adalah orang biasa, Anda tidak akan bisa membawa ikan cupang ini dari negaranya karena itu adalah tindakan ilegal.

Tidak hanya di brunei, spesies ikan ini juga tersebar di Serawak dan Malaysia. Ikan ini hidup di perairan sungai dengan kandungan asam humat. Hidup dengan kualitas air, seperti kadar pH antara 4.0 – 6.0, Suhu 20 – 25 Celcius, dan Kesadahan 0 – 90 ppm.

Spesies ini memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan spesies lain, karena dapat tumbuh hingga 11 cm. Mempunyai tubuh panjang, kepala besar, tumpul dan bermulut lebar.

Betta Macrostoma memiliki warna dan sirip berdominan hitam dengan bagian sirip ekor terdapat warna hitam vertikal.

Memunyai kebiasaan meloncat ke permukaan air membuat orang yang memilikinya harus memberi tutup pada aquarium tempat ikan cupang ini berada. Kebiasaan meloncat timbul karena mereka mengambil makanan seperti serangga langsung dari permukaan air.

Memiliki ukuran mulut yang besar membuat ikan ini memiliki perilaku Mouth Brooder yaitu menyimpan telur dalam mulut cupang brunei jantan.

Makanan cupang brunei sama dengan makanan ikan cupang jenis lainya, bila Anda mempunyai ikan ini. Anda dapat bermain – main dengan cara memancing ikan ini untuk melompat ke permukaan air.
Ikan Cupang Spesies Betta Macrostoma atau Cupang Brunei Betina
Betta Macrostoma / Cupang Brunei Betina

Tidak ada komentar