Ikan Cupang Double Tail / Cagak

Share:
Jika di jepang ada mitologi hewan tentang kucing berekor dua. Tetapi juga ada lho, di dunia ikan cupang pun juga ada yang memiliki sirip ekor berjumlah dua. Cupang jenis ini diberinama Ikan Cupang Double Tail atau kalau di Indonesia disebut dengan ikan cupang cagak. Sangat unik karena memiliki belahan di ekor mereka, Anda jangan membayangkan hal ini dibuat dengan sengaja. Seperti siripnya di sobek atau digunting, itu sangat kejam.

Cupang double tail adalah hasil yang diciptakan oleh para breader Thailand. Cupang ini dihasilkan karena para breader Thailand yang telah melihat melihat dan telah tersaingi oleh para breader Amerika yang telah menciptakan jenis cupang baru pada masanya, yang kita kenal sekaran dengan sebutan cupang halfmoon.

Ikan cupang dobuble tail bukan merupakan cupang serit, atau plakat. Melainkan bentuk mutasi lain dari ikan cupang halfmoon. Jadi bisa dibilang ikan halfmoon mempunyai dua mutasi, pertama adalah ikan cupang rosetail (ekor mawar) dan kedua adalah dobule tail (dua ekor).

Sirip ekor mereka terbelah memang dihasilkan dari tulang ekor mereka yang tidak menyatu, Double tail yang bagus akan memiliki sirip ekor yang sama panjang, dan lebar. Lebih menariknya lagi pangkal sirip anal dan punggung mereka memiliki ukuran sama – sama panjang. Tidak seperti Halfmoon biasa yang bila Anda perhatikan sirip anal lebih panjang dari sirip punggung.

Pada saat sirip mereka mengembang, jika benar cupang dobule tail itu berkualitas maka ketika sirip itu (punggung, dorsal dan kaudal) tidak akan membuat spasi atau celah, melainkan akan terlihat seperti lingkaran.


Perkawinan sesama dobule tail tidak akan seratu persen selalu karena pasti akan ada anaknya yang tidak mewarisi bentuk ekor orang tuanya. Dikarenakan susahnya para breader untuk menciptakan cupang dobule tail sempurna, itu akan berakibat jarangnya kompetisi dengan kelas berisikan cupang double tail.

Tidak ada komentar