Ikan Cupang Big Ear / Kuping Gajah

Share:
Mungkin dalam artikel ini saya tidak akan membahas detail tentang ikan cupang ini. Karena sangat sedikit sekali refrensi yang ada dan saya temukan. Mungkin dalam artikel ini, Anda tidak akan menemukan asal mula penemu ikan cupang big ear, kenapa cupang ini dapat muncul, atau sejarah cupang big ear. Saya hanya akan membahas sebatas yang saya tahu.

Ikan Cupang Big Ear mungkin disebut dengan Dumbo Ear (Telinga Besar) atau Elephant Ear (Kuping Gajah). Salah satu jenis cupang yang baru menurut saya. Keunikan cupang jenis ini terletak pada bagian pektoral atau sirip perut. Jika biasanya ikan cupang jenis lain hanya memilii sirip perut berukuran dan berwarna biasa, maka berbeda denangan apa yang dimiliki cupang ini. Memiliki ukuran yang besar seperti telingga gajah dan memiliki warna yang sama dengan sirip ekor, punggung atau anal mereka.

Walaupun memiliki ukuran sirip perut yang besar, cupang ini tidak memiliki kesulitan dalam berenang, hanya saja sama dengan sirip lainya, dengan ukuran jumbo membuat lebih mudah sobek bila Anda tidak mengambil dan merawat cupang ini dengan baik.

Bila dilihat dari foto – foto yang ada, cupang big ear merupakan jenis cupang halfmoon yang telah bermutas. Bila itu benar makan mutasi halfmoon tidak hanya double tail atau rosetail melainkan dumbo ear.

Saya tidak tahu apakah ikan cupang ini adalah hasil pengembangan para breader Amerika atau Thailand. Dan apakah ini adalah hasil breader atau hanya penyimpangan mutasi yang jika dikawinkan dengan jenis cupang yang sama, bentuk siripnya tidak akan menurun ke anak mereka.

Tidak ada komentar