Cara Merawat Ikan Cupang

Share:
Cara Merawat Ikan Cupang
Sebenarnya artikel – artikel di blog kami telah membahas hal – hal detail tentang ikan cupang. Namun kali ini saya akan merangkumnya dalam satu artikel dan beberapa gambar yang dapat anda printer agar mempermudah pemeliharaan ikan cupang. Sebenarnya sangat mudah untuk memelihara hewan termasuk cupang, Anda hanya mengikuti aturanya, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dan saya akan membahas hal ini.

Dalam merawat hewan sangat mudah, pada dasarnya pemilik harus membuat lingkungan tempat tinggal hewan nyaman dan seperti di lingkungan aslinya atau membuat hewan beradaptasi menyesuaikan lingkungan, itu jika bisa. Dalam dunia ikan cupang, hal yang perlu Anda tahu adalah air, makanan, tempat tinggal, dan perilaku.

Habitas ikan cupang sendiri di sungai, rawa, dan sawah yang masih alami. Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan hidup di iklim tropis seperti di negara Thailand, Laos, Vietnam, Cambodia, Malaysia, dan Indonesia. Dan para breader di seluruh dunia berusaha untuk meniru habitat cupang.

Air.

Apakah anda memperhatikan bagaimana keadaan sungai, rawa di hutan – hutan tropis, hal yang paling terlihat dengan mata telanjang ?. Warna air. Mungkin ini akan tidak terlihat mengenakan bila diterapkan di akuarium hias Anda. Tapi bila tidak menerapkan ini juga tidak apa – apa.

Sungai - sungai tropis berwarna cokelat karena terdapat daun – daun yang jatuh. Daun ini terurai dan mengeluarkan zat tanin, yang membuat air menjadi asam dan anti jamur. Walaupun tidak sedap dipandang mata, tapi ini bagus untuk ikan cupang dan ikan tropis lainya.

Anda dapat meniru keadaan tersebut dengan menambahkan daun ketapang, ini juga berfungsi sebagai penurun pH air. pH yang ideal untuk 6.8 – 7.4. dan temperatur 24°-25° Celcius.

Anda juga harus memperhatikan kandungan amoniak dan nitrit. Tapi anda tidak perlu repot tentang satu ini. Anda hanya harus membersihkan kotoran dan sisa makanan. Hanya perlu menyedotnya dengan menggunakan selang. Tapi lebih mudah lagi, Anda harus mengetahui seberapa banyak porsi yang harus diberikan agar tidak ada makanan yang tersisa.

Karena ikan cupang mempunyai labirin di dalam insang mereka, ini akan mempermudah hidup anda dan tidak perlu membelikan aerator. Karean cupang dapat mengambil udara langsung dari permukaan air. Sehingga walaupun udara terlarut dalam air kecul, itu tidak menjadi masalah untuk cupang.

Minimal rekomendasi tempat ikan cupang atau banyaknya air adalah 2 galon (US) atau sekitar 7 liter. Dan air harus diganti 25% setiap tiga hari sekali.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel kami.
Baca Juga : Manfaat dan Cara Pengolahan Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang.
Baca Juga : Kualitas Air Untuk Ikan Cupang.
Baca Juga : Apakah Air Hujan Baik Untuk Ikan Cupang.

Makanan.

Seperti halnya manusia, makanan juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang. Anda harus tahu pola makan ikan cupang, makanan apa yang boleh dan tidak boleh. Serta saya akan membeberkan di sini tentang makanan yang digemari namun mudah di dapat, ada juga yang dapat dibeli di toko ikan.

Jika anda tidak dapat mengkulturkan makanan hidup untuk ikan cupang seperti jentik nyamuk atau kutu air dengan sehat, lebih baik anda mengganti dengan makanan kering atau beku.

Karena bila anda mengkulturkan dengan tidak sehat atau menangkap di alam dan langsung digunakan sebagai pakan tanpa dibersihkan, maka akan membawa bakteri penyebab penyakit. Apalagi bila tempat mengambil kutu air atau jentik nyamuk sangat kotor.

Beli saja di toko ikan, Bloodworms, Brine Shrimp, Tubifex Worms, kering atau beku. Itu lebih terjamin kebesihannya dibandingkan Anda menangkapnya di alam. Dan satu hal lagi adalah pelet khusus ikan cupang.

Beri makan ikan cupang sebanyak 2 – 3 dan maksimal 4 butir / pic pelet, makanan beku, atau kering. Dalam waktu 1 – 2 menit. Jangan lebih dari itu.

Ikan Cupang adalah hewan yang rakus, mereka makan walaupun tidak merasa lapar. Ini dikarenakan keadaan di alam sangat tidak menentu. Apakah hari esok ada makanan atau tidak, sehingga mereka makan selagi ada yang dimakan.

Masih banyak hal, tentang makanan. Mulai dari jadwal dan porsi lebih lengkap, tentang burayak dan cupang dewasa. Anda harus membaca.
Baca Juga : Cara Memberi Makan Ikan Cupang.
Baca Juga : Cara Kultur Microworm.
Baca Juga : Cara Kultur Influsoria Untuk Burayak Cupang.
Baca Juga : Cara Kultur Jentik Nyamuk.

Tempat Tinggal.

Tempat tinggal adalah hal yang dibutuhkan makluk hidup. Bila suatu tempat bagus dan mendukung maka makluk hidup akan dapat bertahan dan berkembang. Tempat tinggal yang saya bicarakan adalah akuarium.

Ukuran minimal adalah dapat menampung 7 liter (itu adalah saran dari teman – teman yang ada di forum internasional) tapi bila tidak bisa, Minimal akuarium adalah 15 X 15 X 20 cm.

Ikan cupang tidak suka dengan sinar matahari, dan harus ada pergantian cahaya siang dan malam. Pergantian ini perlu untuk cupang dapat beristirahan di malam hari.

Tapi anda harus menjemur ikan cupang Anda di pagi hari selama 15 menit, untuk menjaga kesehatan badan dan sirip.

Ada beberapa jenis ikan cupang alam yang dapat meloncat ke luar air, Ini adalah kebiasaan untuk mencari makan di permukaan air. Bila anda punya cupang alam yang dapat melompat, pastikan bagian atas akuarium tertutup.

Bila Anda bisa, Anda dapat menambahkan tempat persembunyian atau tanaman air di dalam akuarium. Tanaman air berguna dan membantu, untuk membersihkan air.

Perilaku.

Untuk ikan cupang jantan, perilakunya adalah agresif dan membuat sarang bila sudah cukup umur untuk memijah.

Ikan cupang adalah hewan yang agresif ke pada sesamannya, sehingga Anda tida boleh menempatkan dua ikan cupang dalam satu akuarium. Tapi anda dapat menempatkan ikan lain.

Sifat agresif ini timbul karena ikan cupang adalah hewan yang mempertahankan teritorialnya. Dia akan melindungi wilayahnya dengan cara berkelahi. Berkelahinya dapat selesai hingga salah satu cupang mati.

Oleh sebab ini. Satu akuarium diwajibhan diisi dengan satu cupang. Jika akuariumnya berdampinggan berilah sekat yang dapat menutupi pandangan ikan cupang.


Di artikel berikutnya saya akan membahas tips bagaimana menempatkan ikan cupang ke akuarium baru, atau ke rumah baru. Ini juga perlu diperhatikan untuk menghilangkan stress pada cupang. Ini adalah hal yang pasti Anda alami ketika membeli ikan cupang.

Tidak ada komentar