Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina

Share:
Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina
Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina
Membedakan ikan cupang betina dan jantan sangat penting bila anda ingin memelihara atau mengawinkan. Dan ini juga penting bila Anda adalah seorang pemula dalam memelihara ikan cupang. Karena untuk pemula, pasti tidak mau bukan dibohongi hal mudah seperti ini oleh penjual ikan cupang bila Anda sedang ingin membeli cupang.

Membedakan juga hal yang penting, jangan sampai Anda tidak sengaja mengawinkan pejantan dengan pejantan atau betina dengan betina. Saya harap itu tidak akan terjadi kepada Anda.

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina dari Penampilan.

Namun perlu diingat anda tidak bisa melakukan pengecekan perbedaan betina dan jantan ketika umur cupang masih kecil, contohnya burayak yang baru menetas. Seiring berjalannya waktu akan terlihat perbedaan mencolok antara ikan cupang jantan dan betina mulai dari sifatnya dan perbedaan tubuhnya.

Untuk ikan cupang pejantang memiliki sirip ekor yang libih panjang dari betina, bisa 2 – 3 kali lebih panjang dari tubuhnya. Sementara betina memiliki sirip ekor yang leibh pendek. Ini akan terlihat sangat jelas bila Anda memiliki jenis cupang sejenis.

Dalam segi warna ikan cupang jantan memiliki warna beragam, lebih menarik, dan lebih cerah. Sementara ikan betina memiliki warna yang lebih pucat, kusam dan tidak atraktif.

Dari segi bentuk tubuh ikan cupang jantang memiliki tubuh yang lebih panjang dan ramping dibandingkan ikan cupang betina, sedangkan betina memiliki bentuk tubuh pendek dan gemuk.

Pada saat usia matang untuk melakukan perkawinan. Betina ikan cupang pada bagian perut akan terlihat spot telur, sedangkan pejantan tidak. Namun harus diwapadai juga pejantang bisa membuat tipuan spot telur di bagian perut, spot telur pada pejantan berguna untuk membohongi pejantan yang lebih besar sebagai bentuk perlindungan agar tidak dikira sebagai pejantan.

Perut ikan cupang juga berbeda jika sudah siap kawin, perut betina akan lebih besar yang menandakan terdapat telur – telur yang siap dibuahi. Sedangkan cupang pejantan memiliki ukuran perut yang lebih kecil dari betina.

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina dari Perilaku.

Perilaku juga dapat membedakan ikan cupang jantan dan betina. Apakah anda pernah ke toko hewan peliharaan ?. Ikan cupang betina saat di toko atau pasar ikan pasti akan ditempatkan dalam satu wadah yang sama tanpa pembatas, mengapa ?. Karena perilaku ikan cupang betina tidak terlalu agresif dibandingkan dengan pejantan.

Dan juga bila sudah matang waktunya akan kawin. Ikan cupang pejantan akan membuat gelembung – gelembung sarang di permukaan air sebagai tempat meletakan telur, biasanya gelembung sarang berada di sudut – sudut akuarium.
Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina Secara Fisik

Tidak ada komentar