Cara Memberi Makan Ikan Cupang

Share:
Apakah Anda pendatang baru di dunia ikan cupang ?. Baru beli ikan cupang di toko ikan lalu beli pelet ikan. Namun, Anda salah besar bila mematuhi ketentuan cara memberi makan yang ada di kemasan pelet ikan. Sebagai makhluk hidup di dalam air yang memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah Anda harus memeperhatikan hal yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara yang benar memberi makan ikan cupang, mulai dari jadwal, seberapa banyak memberi makan, tips, alasan – alasan kenapa itu harus dilakukan, dan sebagainya.

Ikan Cupang adalah ikan pemakan daging atau karnivora. Berikut ini adalah makanan dan hewan yang dapat digunakan sebagai makanan cupang :

Pelet.

Untuk pelet dianjurkan memilih pelet yang mengambang di permukaan air. Di habitatnya ikan cupang alam berburu makanan di permukaan air, ikan cupang alam dapat melompat untuk menangkap mangsannya seperti serangga. Disarankan untuk memilih pelet yang benar-benar untuk ikan cupang, agar kandungan nutrisinya dapat sesuai.

Blood Worm.

Blood Worm sebenarnya bukanlah jenis cacing namun jenis larva serangga. Blood worm tidak dianjurkan sebagai makanan utama karena kurang akan asam amino namun tinggi akan zat besi.

Anda dapat membeli Blood Worm di toko ikan dalam bentuk beku atau bentuk kering. Untuk bentuk kering anda harus memberikan air terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan cupang.

Bila anda tidak ingin repot lebih baik beli saja dalam bentuk kering atau beku. Bila anda menangkapnya di alam anda harus membersihkannya agar terhindar dari bakteri dan parasi yang dapat membuat cupang terserang penyakit.

Blood worm dapat diberikan pada cupang yang sudah berumur tiga bulan.

Tubifex Worm.

Atau lebih dikenal sebagai cacing sutera atau cacing rambut karena berbentuk panjang. Sama halnya dengan Blood Wrom, anda dapat membeli nya di toko ikan dalam bentuk cair atau kering. Cacing sutera mengandung lemak yang tinggi. Cacing sutera dapat diberikan pada ikan cupang yang sudah berumur satu bulan.

Jentik Nyamuk.

Jentik nyamuk dapat diberikan pada cupang yang sudah berumur 2 bulan. Saya tidak tahu apakah ada jentik nyamuk beku atau kering di toko ikan. Namun, bila Anda ingin mengkultur jentik nyamuk, Anda dapat membaca panduannya di salah satu artikel kami.

Baca Juga : Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Cupang

Mengkultur jentik nyamuk lebih mudah daripada mengkultur cacing sutera atau kutur air.

Microworm.

Salah satu makanan yang tepat bila Anda memiliki buraya dan tidak tahu ingin diberimakan apa. Anda dapat mengkulturkannya sendiri di rumah dan tidak memerlukan peralatan dan tempat kerja yang luas.

Kutu Air.

Sangat baik diberikan pada burayak cupang berumur 7 – 30 hari. Untuk kutu air, Anda tidak dapat membelinya di toko ikan. Jenis kutu air yang diberikan ke burayak adalah Dephnia sp. Kutu air sangat bagus karena dapat memancing burayak untuk bergerak mengejar mereka.

Pada habitatnya di alam, ikan cupang tidak mengenal porsi makanan. Ini karena dihabitatnya sendiri (sungai, rawa, dan sawah) ikan cupang sangat rakus mereka akan makan walaupun mereka tidak merasa lapar, penyebabnya karena mereka tidak tahu akan adakah makanan di hari berikutnya sehenga mereka berusaha makan sebanyaknya untuk sebagai persediaan energi. Namun, anda tidak boleh mematuhi hal tersebut, Anda tidak inginkan ikan cupang Anda menjadi berperut besar, tidak bisa buang kotoran, dan kegemukan.

Memberi makan ikan cupang dewasa dengan ikan cupang burayak tentu berbeda. Untuk burayak cupang, makanan baru dapat diberikan setelah 4 hari dari masa menetasnya sampai 2 bulan. Sedangkan ikan cupang dewasa dapat ganti porsi dari porsi makan buraya dimulai dari bulan ke 2.

Memberi Makan ke Burayak Cupang

Burayak cupang dapat diberi makan dengan makanan – makanan yang sesuai dengan mulut mereka. Contohnya ada dapat memberimakan kuning telur rebus, influsoria, microworm, atau kutu air.
Baca Juga : Cara Kultur Microworm
Baca Juga : Cara Kultur Infusoria Untuk Burayak Cupang
Burayak cupang dapat diberimakan dua kali dalam sehari, dan harus secukupnya. Anda tidak mau bila akuraium Anda kotor karena makanan berlebih. Dalam akuarium yang kotor juga akan terdapat nitrint dan amoniak yang dapat menjadi racun bagi ikan cupang.
Baca Juga : Kualitas Air Untuk Ikan Cupang

Memberi Makan ke Cupang Dewasa.

Cupang Dewasa dapat diberi cacing sutra beku/kering, jentik nyamuk, blood worm beku/kering, kutu air, dan pelet.

Pemberian makan dilakukan 1 - 2 kali sehari. Untuk pelet karena pada dasarnya ikan cupang tidak memiliki perut yang panjang dan besar dianjurkan 2 – 4 butir pelet. Maksimal ukuran pelet adalah sebesar bola mata ikan cupang.

Cupang juga butuh puasa untuk mengistirahatkan perutnya, dan memberikan jeda untuk membersihkan perutnya dari kotoran – kotoran.

Cupang dapat bertahan 14 hari tanpa makanan. Sehingga Anda tidak perlu risau bila pergi dalam waktu yang lama. Disaat Anda ingin cupang Anda berpuasa selama itu, anda tidak perlu memberikan makanan yang banyak sebelum hari puasa.

Jadwal Pemberian Pakan Ikan Cupang.

Senin : Pelet Ikan Cupang (2-4 butir pelet, 1-2 kali per hari)
Selasa : Makanan Hidup, Beku, atau Kering (2 – 3 buah, 1 – 2 kali per hari)
Rabu : Pelet Ikan Cupang (2-4 butir pelet, 1-2 kali per hari)
Kamis : Makanan Hidup, Beku, atau Kering (2 – 3 buah, 1 – 2 kali per hari)
Jumat : Pelet Ikan Cupang (2-4 butir pelet, 1-2 kali per hari)
Sabtu : Makanan Hidup, Beku, atau Kering (2 – 3 buah, 1 – 2 kali per hari)
Minggu : Puasa

Tidak ada komentar