Cara Kultur Infusoria Untuk Burayak Cupang

Share:
cara kultur infusoria
Infusoria
Apakah Anda binggung ketika memiliki burayak ikan cupang. Binggung karena tidak tahu, burayak ini harus diberi pakan apa, sedangkan ukuran burayak sangat kecil yaitu 3 mm. Namun tengan Anda tidak perlu kuatir, dan anda tidak perlu untuk pergi ke sawah, rawa, atau selokan untuk mencari pakan alami untuk burayak ini.

Burayak adalah istilah untuk cupang berumur 0 – 3 bulan. Ukurang yang sangat kecil membuat anda tidak bisa memberikan makanan seperti cacing sutra, cacing darah, atau jentik nyamuk.

Anda dapat membuat sendiri makan burayak, atau sering disebut kultur atau membudidayakan. Berhubung, burayak sangat kecil maka kita akan membudidayakan Infusoria. Apa itu Infusoria ?

Infusoria adalah istilah yang digunakan untuk menyebut mahkluk hidup kecil di air tawar, mahluk hidup ini berupa Ciliates, Euglenoids, Protozoa, Invertebrata Kecil.

Infusoria diberikan kepada burayak yang sudah berumur 3-4 hari. Anda tidak bisa langsung memberikan burayak makanan setelah mereka menetas, karena burayak memiliki persediaan kuning telur di perut mereka.

Infusoria diberikan sampai dengan berumur 1 bulan, setelah itu anda cupang boleh diberikan kulu air atau microworm. Setelah cupang berumur 2 – 3 bulan. Baru cupang bisa diberi makanan berupa, cacing sutra, cacing darah, atau jentik nyamuk.
cara mudah dan cepat kultur infusoria
Gambar Sedang Melakukan Kultur Infusoria
Artikel kali ini kita akan membahas cara mudah kultur infusoria dengan kol atau sawi.
Bahan yang harus dipersiapkan :
  • Kol atau Sawi yang telah direbus, akan lebih bagus bila kol atau sawi nya sudah berkeadaan busuk sehingga anda tidak perlu merebusnya. Selain kedua bahan tersebut, Anda juga dapat menggunakan sayuran hijau lainya.
  • Gelas atau wadah untuk kultur.
  • Air akuarium anda atau bila anda memiliki tempat penyaringan di akuarium anda dapat menggunakan air dari perasan tempat penyaringan. Air ini berfungsi sebagai starter, air yang kotor tersebut berisikan influsoria.
  • Kain peras.

Penerapan :
  1. Masukan air akuarium ke dalam gelas atau wadah kultur.
  2. Ambil kol atau sawi yang telah direbus atau sawi busuk, dan peras untuk diambil airnya.
  3. Masukan air bekas perasan ke dalam wadah kultur berisikan air akuarium, dan jangan lupa masukan juga kol atau sawi yang telah diperas ke wadah kultur.
  4. Letakan wadah kultur di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari dan diamkan selama tiga hari. 
  5. Setelah tiga hari permukaan wadah kultur akan dipenuhi oleh hewan kecil kecil berwarna putih. Jika sudah terlihat maka Infusoria siap untuk dibuat sebagai pakan burayak.
Untuk memberi makan gunakan sendok atau pipet. Dan pastikan Anda memberikan burayak makanan secukupnya.

Berikut artikel kami, sangat mudah dan murah bukan. Jangan lupa memberikan komentar untuk artikel atau website ini. Terimakasih

Tidak ada komentar