Apakah Air Hujan Baik Untuk Ikan Cupang ?

Share:
Air adalah peranan penting untuk keberlangsungan semua makluk hidup. Untuk ikan, air diibaratkan sebagai atmosfir udara yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk hidup.

Kualitas air sangat berperan besar, bila kualitas bagus maka ikan akan menjadi sehat, mampu menunjukan keindahannya lebih maksimal, dan mampu hidup lebih lama. Namun, bila air tempat tinggal ikan berkualitas buruk, maka ikan menjadi mudah terkena penyakit, keindahannya berkurang dan paling parah ikan dapat mati.

Sumber air yang disarankan oleh para pemelihara ikan cupang atau para peternak ikan cupang ada tiga, yaitu :

  • Sumber Air Tanah / Sumur
  • Sumber Air Sungai
  • Sumber Air PDAM / PAM

Namun, kita akan membahas sumber air hujan, dan kita akan membahas apakah air hujan baik untuk ikan cupang.

Saya akan menjawabnya dengan bisa digunakan dan tidak bisa digunakan. Kenapa ?
Air hujan bisa digunakan untuk pemeliharaan ikan cupang bila Anda sebagai pemilik mampu membuat air hujan menjadi layak untuk digunakan.

Layak dan tidak layaknya air hujan dapat digunakan sebagai media pemeliharaan ikan cupang dengan mengecek kualitas airnya. Berikut ini acuan kualitas air yang layak untuk digunakan, yaitu:

Baca Juga : Kualitas Air Yang Baik Untuk Pemeliharaan Ikan Cupang

Kesimpulannya anda harus mengetes air hujan yang Anda ingin gunakan, dan  menambahkan atau mengurangi tingkat pH, Kesadahan, Nitrit agar dapat digunakan untuk pemeliharaan ikan cupang.

Namun saya rasa setelah melihat jaman sekarang dengan banyak kendaraan bermotor, hujan asamnya, sungai tercemar, saya lebih memilih air tanah(air sumur) atau air PDAM. Air PDAM yang terdapat klorin dapat diatasi dengan menambahkan 1 butir kristal kalium tiosufat ke dalam tiga puluh liter air ledeng.

Tidak ada komentar