Kelebihan Memelihara Ikan Cupang

Share:
Kelebihan Memelihara Ikan Cupang
Kelebihan Memelihara Ikan Cupang
Ikan Cupang adalah ikan asli Asia Tenggara yang diminati di seluruh dunia. Ikan yang kuat karena ikan ini awalnya hidup di iklim tropis namun dapat hidup di berbagai belahan dunia. Walaupun ikan ini termasuk ikan kecil, namun memiliki daya tahan terhadap lingkungan yang sangat luar biasa. Ikan Cupang sekarang sudah banyak jenisnya, mulai dari halfmoon, ikan cupang koi, ikan cupang fancy, ikan cupang serit, ikan cupang plakat, ikan cupang giant.

Ikan yang agresif terhadap sesamanya membuat ikan ini harus dipisahkan dari ikan cupang yang lain, sehingga Anda hanya bisa mengisi satu akuarium untuk satu ikan cupang dan bila di tempatkan secara berdekatan. Anda perlu membuat sekat dari kertas atau plastik, supaya ikan tidak saling melihat.

Namun ini yang menyenangkan dari ikan cupang, bila kita membuka sekat pemisahnya, ikan akan langsung bertatap-tatapan dan bergairah ingin melawan ikan cupang lain untuk mempertahankan wilayah, disaat inilah anda dapat melihat seluruh bentuk sirip ikan cupang mengembang dan dapat menikmati corak, warna, dan bentuk sirip ikan cupang. Anda tidak perlu untuk membeli dua ikan untuk melihat ikan ini ingin berkelahi, Anda cukup menggunakan cermin dan tempelkan di akuarium Anda.

Bila dibandingkan dengan peliharaan ikan lainya, Ikan cupang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki ikan lainya. Berikut kelebihan memelihara ikan cupang.

  1. Memiliki Warna Yang Beragam.

Setiap cupang memiliki warna uniknya sendiri-sendiri. Terdapat warna merah, kuning, putih, hitam, biru, unggu. Bahkan terdapat cupang dengan warna campuran seperti ikan koi, makanya sekarang ada cupang berjenis Ikan Cupang Koi.

Banyak sekali warna yang dapat anda nikmati keindahanya bila anda memelihara ikan di akuarium anda, belum lagi bila anda memiliki akuarium besar dan dibuat menjadi aquascape, dengan tumbuhan hijau yang hidup di dalam air akan menciptakan sebuah ekosistem walaupun didalam akuarium.

  1. Tidak Membutuhkan Aerator.

Aerator adalah alat yang digunakan untuk memompa udara, digunakan pada akuarium – akuarium berisi ikan yang tidak bisa hidup bila tidak ada udara dengan jumlah banyak di dalam air, contoh ikannya adalah Ikan koki.

Ikan Cupang dapat hidup dengan udara yang sedikit, kenapa ?. Ikan Cupang memiliki alat pernapasan berupa insan namun insan ini begitu spesial karena dalam ingsan ini terdapat labirin – labirin udara yang mampu memproses udara permukaan sehingga dapat diserap menjadi tenaga, insan seperti inilah yang membuat ikan cupang dapat mengambil udara secara langsung.

  1. Tidak Membutuhkan Akuarium Besar.

Ikan Cupang dapat hidup di akuarium kecil, bahkan para pemilik ikan cupang yang suka ikut dalam kontes, akan melatih ikan mereka dalam akuarium berbentuk pipa panjang atau botol. Ini bertujuan supaya cupang dapat hidup di air yang cukup dalam.

  1. Cara Mengawinkan Yang Mudah.

Disini termasuk bagian yang menyenangkan karena bila anda menginginkan percobaan bermain sebagai peternak ikan, Anda cukup membeli satu jantan dan satu betina. Kemudian lakukan eksperimen dengan mengkawin silangkan ikan cupang. Asalkan anda tahu hal – hal dasar dalam mengawinkan ikan cupang, seperti umur, tempat, sifat, ciri-ciri siap kawin.

  1. Dapat Dikawin Silangkan.

Ikan Cupang juga mudah dikawin silangkan, namun untuk mendapat hasil maksimal kawin silang juga perlu dilakukan secara berkali-kali. Anda dapat mengawinkan ikan jenis satu dengan ikan jenis yang lainnya.

  1. Pemberian Makan Yang Mudah.

Anda dapat memberikan makan ikan cupang dengan dua jenis pakan, yaitu pakan buatan dan pakan alami. Untuk anda yang ingin cepat dan tidak ingin sedikit meluangkan waktu untuk membuat pakan dari bahan alami. Anda dapat membeli pakan buatan. Keseruan lain juga dapat anda dapatkan dengan membuat atau menternakan pakan alami, seperti jentik nyamuk, kutu air, dan lainya.

  1. Perawatan Yang Mudah.

Anda hanya butuh memberimakan secukupnya dan mengganti air maksimal tiga hari sekali. Anda hanya perlu mengganti setengah air di akuarium anda dengan air yang baru, dan hilangkan kotoran dan sisa makanan di dasar akuarium. Untuk kualitas air juga harus diperhatiakan walaupun ini adalah ikan yang kuat.

Untuk Air ledeng berasal dari PAM tidak dapat digunakan secara langsung karena air ledeng biasanya terdapat klorin yang dapat menjadi racun. Gunakan satu butir kristal kalium tiosulfat ke dalam 30 liter air ledeng dan diamkan selama semalam.

  1. Tidak Berbau.

Apa yang Anda hirup ketika memelihara hamster, kelinci atau binatang berbulu lainnya ?. Aroma bau bukan. Ini adalah sebuah kelebihan bila Anda memelihara sebuah ikan. Anda tidak perlu mencium aroma yang tidak sedap, Anda hanya akan mencium aroma air atau amis (itu bila anda jarang membersihkan Akuarium Anda). Selain itu anda tidak perlu membersihkan kotoran yang bau atau air kecing yang pesing.

  1. Hidup Lama Tanpa Makanan.

Cupang dapat bertahan lama walaupun Anda tidak memberinya makan, lebih tepatnya dapat hidup 14 hari tanpa asupan makanan. Jadi Anda tidak perlu kuatir bila anda ingin pergi selama satu minggu, dan hal yang harus diingat ketika anda ingin membuat cupang Anda berpuasa adalah, Anda tidak boleh untuk memberinya banyak makan sebelum berpuasa.

Sampai di penghujung artikel. Terima kasih telah membaca artikel ini dan tinggalkan komentar positif dan membangun untuk website ini.

Tidak ada komentar