Ikan Cupang Crown Tail / Serit

Share:
Ikan Cupang Serit - Crown Tail
Ikan Cupang Serit - Crown Tail
Ikan Cupang Serit atau Crown Tail adalah ikan cupang hias asli Indonesia. Cupang ini juga merupakan jenis cupanng pertama yang dibudidayakan di indonesia. Bentuk sirip cupang ini begitu khas, yaitu memiliki sirip panjang, tulang sirip kuat, dan sirip seperti gerigi atau serit/sisir. Kita harus bangga karena dengan cupang ini, kita menjadi penyumbang jenis ikan cupang di kancah internasional dan paling membanggakan adalah indonesia masih menjadi penghasil ikan cupang Crown Tail terbaik dunia.

Semua itu tidak lepas dari campur tangan seorang peternak atau breeder cupang bernama Ahmad Yusuf. Berawal tahun 1997 di bilangan Haji Ten, Jakarta Timur. Ahmad Yusuf berekspertimend degan mengkawin silangkan ikan cupang thailand delta dengan ikan cupang bergerigi. Setelah berbagai percobaan munculah ikan cupang serit dengan berbagai warna, mulai dari merah, abu-abu, dan lainya.

Melihat hasil kawin silangnya. Lalu pada bulan Agustus 1998. Ahmad Yusuf memunculkan ikan cupangnya ke publik melalui mengikuti kontes di Pondok Indah Mall Jakarta. Namun seperti yang kita tahu bahwa cupang jenis baru biasanya dalam kontes tidak diperhatikan atau lebih tepatnya menjadi warga kelas dua. Walaupun tidak mendapat juara, cupang jenis ini mendapat perhatian, mereka beranggapan seakan – akan bentuk sirip ikan ini sobek atau rusak. Seiring berjalannya waktu ikan cupang serit ini diakui oleh IBC (International Betta Congress).

Ikan Cupang dikatakan sebagai ikan cupang serit atau Crown Tail bila memiliki tulang ekor berjumlah dua atau lebih. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang ikan cupang serit tidak hanya memiliki dua tulang ekor melainkan empat bahkan delapan.

Crown Tail tidak hanya itu-itu saja, ikan cupang seri memiliki dua tipe, yaitu type balon dan type balok. Bahkan sekarang ada cupang serit bernama King Crown Tail (raja mahkota). Cupang ini memiliki perbedaan dengan cupang serit lainya, dimana ujung tulang sirip King Crown Tail dapat bertemu dengan tulang sirip yang lainya.

Namun menurut pada breeder ikan jenis ini adalah ikan kelainan, ini dibuktikan dengan melakukan perkawinan dengan King Crown Tail, anak-anak king crown tail tidak memiliki sifat King Crown Tail.

Semoga arikel ini dapat menambah wawasan anda para breeder atau penghobi ikan cupang.

Tidak ada komentar